5 Tips Jitu Cara Mengatur Keuangan Pelajar, Agar Cepat Kaya Raya

2 min read

5 Tips Jitu Cara Mengatur Keuangan Pelajar, Agar Cepat Kaya Raya – Seorang yang masih menempuh pendidikan ditingkat menengah pertama (SMP) atau pun tingkat menengah atas (SMA) segala kebutuhannya dicukupi oleh keuangan orang tua. Namun juga tidak sedikit di setiap pelajar yang mulai belajar untuk hidup mandiri. Hal ini tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi si pelajar ataupun bagi orang tuanya. Salah satu usaha yang dapat menghasilkan rupiah dikalangan pelajar adalah dengan berani membuka usaha kecil-kecilan seperti jualan pulsa, menerima jasa pembuatan artikel dan lain sebagainya.

Berjualan pulsa memang banyak dilirik oleh para pelajar karena pekerjaannya yang tidak banyak menguras tenaga. Begitu pula dengan menerima jasa pembuatan artikel ataupun opini. Jenis kerja ini disamping akan menambah kecerdasan intelektual juga akan menambah pemasukan walaupun hanya berskala kecil. Akan tetapi patut diacungi jempol lah karena sedikit-sedikit dapat meringankan beban oprang tua. Namun perlu diingat bagi Anda seorang pelajar yang mulai belajar untuk mendapatkan penghasilan untuk mengelola dan mengatur keuangan agar pendapatan tidak sia-sia dan membuahkan hasil.

Nah Pada kesempatan kali ini, sebuah narasi atau artikel akan membasan tentang Cara Mengatur Keuangan Pelajar agar dapat memenuhi segala kebutuhannya tanpa terus menerus meminta kepada orang tuanya.

Berikut adalah tips-tips nya :

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Pelajar Agar Maksimal?

Rajin Menabung

Pasti anda akan familiar dengan sebuah slogan ataupu poster-poster disekolahan yang berbunyi “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Kata-kata tersebut mengarah kepada seseorang yang rajin menabung. Tidak dapat di pungkiri bahwa menanamkan kebiasaan menabung sejak dini akan membiasakan anda akan meraih kesuksesan dimasa yang akan datang.

Baca Juga  Cara Membuka Usaha Sendiri Di Rumah Paling Efektif

Bayangkan saya jika anda mampu menabung setiap hari dengan nominal 1000 rupiah. Jika dikalikan satu tahun penuh dengan menyisihkan uang jajan setiap hari senilai 1.000 rupiah, Anda akan mendapatkan nilai uang – + 365.000 Rupiah dalam satu tahunnya. Itu jika 1.000 rupiah perhari.

Bagaimana jika seorang pelajar yang menghasilkan uang sendiri dan menabungnya hingga 5.000 sampai 10.000 syukur dalam satu tahun Anda dapat membeli sebuah leptop untuk menunjang kebutuhan belajar anda.

Membeli Sesuai Kebutuhan

Cara Mengatur Keuangan Pelajar yang berikutnya adalah dengan berhemat, Tidak salah seorang pepatah berkata “hemat pangkal kaya”. Sejatinya jika anda tidak terlalu mengikuti gaya hidup yang konsumtif dan hedonis niscaya Anda akan selalu membeli sesuatu sesuai kebutuhannya seperti peralatan sekolah (buku, pensil, bolpoin, dll).

Dengan begitu keuangan anda akan selalu di gunakan dengan baik sesuai kebutuhan. Serta jangan sekali kali membeli sesuatu yang bukan kebutuhan anda , prioritaskan kebutuhan demi kelancaran belajar anda disekolah.

Menjaga Pola Hidup Sehat

Jika anda termasuk salah satu pelajar yang jauh dengan orang tua seperti halnya menempuh pendidikan di pondok pesantren ataupun asrama yang membuat anda jauh orang tua.

Anda perlu menjaga kesehatan karena jika tidak memperharikan kesehatan bisa saja anda akan meninggalkan pelajaran disekolah atau bahkan berbagai tugas-tugas disekolah akan terbengkalai.

Belum lagi jika andaharus pergi kedokter untuk berobat tentu hal tersebut akan membutuhkan  biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu hidup sehat merupakan bagian dari Cara Mengatur Keuangan Pelajar agar tetap hidup hemat dan tentunya sehat.

Mencatat Semua Pengeluaran

Hal yang perlu diperhatikan juga dalam mengelola keuangan bagi pelajar adalah membuat kuitansi pribadi.  Dengan membuat kuitansi sendiri anda akan mengetahui berapa rupiah pengeluaran dalam waktu-waktu tertentu.

Baca Juga  Kumpulan Ide Usaha Makanan yang Bisa Dititipkan di Warung

Hal ini akan menjadi LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) pribadi jika anda terlalu benyak mengeluarkan rupiah dalam waktu yang singkat. Kuitansi atau catatan pengeluaran ini juga akan menjadi sebuah bahan evaluasi untuk memperbaiki diri kedepannya dalam mengelola keuangan Anda seorang pelajar.

Schedulekan Anggaran Keuangan

Usetelah anda memahami Cara Mengatur Keuangan Pelajar langkah berikutnya yang sangat penting adalah membuat schedule pengeluaran dalam rentang waktu sesuai keinginan Anda. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi sebuah kesenjangan dimana pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan.  Lakukanlah hal tersebut secara rutin dan jadikan hasil schedule Anda serta pengeluaran Anda sebagai bahan evaluasi untuk menghadapi hari-hari berikutnya.

Dengan beberapa cara mengatur keuangan pelajar diatas jika anda benar-benar melakukannya dan juga disertai dengan tekad yang kuat untuk menjadi pelajar yang berhemat, besar kemungkinan Anda akan menjadi seorang pelajar yang mandiri dan dapat memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa terus-terusan bergantung kepada orang tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *